Timnas Thailand mampu menahan imbang Korea Selatan 1-1 dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga ini berlangsung di Stadion Piala Dunia Seoul, Kamis (21/3/2024) malam WIB.

Timnas Thailand Tahan Imbang Korea Selatan 1-1

Meski menjadi tim tamu, Thailand justru mencoba tampil agresif sejak pertandingan dimulai. Namun, Korea Selatan bisa keluar dari tekanan dan balik mendominasi permainan.

Korea Selatan sukses memecah kebuntuan pada menit ke-42. Son Heung-Min mencetak gol ke gawang Thailand memanfaatkan umpan Lee Jaesung.

Thailand mencetak gol balasan pada menit ke-61 melalui sontekan Suphanat Muenta. Gol itu bermula dari serangan balik, Nicholas Mickelson melepaskan tendangan kaki kanan.

Bola yang mendatar mengarah ke tiang kiri gawang Korea. Tanpa diketahui pemain belakang Korea, Suphanat bergerak menyambar bola ke gawang, skor imbang 1-1.

Gol Mueanta itu membuat Korea Selatan tersentak. The Taeguk Warriors itu langsung meningkatkan intensitas serangan mereka.

Serangan demi serangan dibangun oleh Son Heung-min dkk, namun tidak ada yang membuahkan hasil. Skor 1-1 tidak berubah hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Berdasarkan laman resmi AFC, hasil ini tidak mengubah posisi Korea Selatan di puncak Grup C dengan raihan tujuh poin. Sementara Thailand harus turun ke peringkat ketiga.

Susunan Pemain:

Korea Selatan (4-3-3): Cho Hyeon-woo; Kim Jin-su, Kim Young-gwon, Kim Min-jae, Seol Young-woo; Lee Jae-sung, Hwang In-Beom, Paik Seung-ho; Ju Min-kyu, Son Heung-Min, Jeong Woo-yeong

Pelatih: Hwang Sun-Hong (interim)

Thailand (4-4-2): Patiwat Khammai; Theeraton Bunmathan, Pansa Hemviboon, Suphan Thongsong, Nicholas Mickelson; Supachok Sarachat, Weerathep Pomphan, Peeradon Chamratsamee, Jaroensak Wonggorn; Chanatip Songkrasin, Supachai Chaided

Pelatih: Mastada Ishii (*)