Kubu pasangan capres-cawapres nomor 01, Anies Baswedan-Muhamin Iskandar akan menerima apapun putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilpres 2024. Anies mengibaratkan proses persidangan di MK seperti pertandingan sepak bola yang selalu memiliki dua kemungkinan, yakni menang atau kalah.

Anies Baswedan Pastikan Akan Terima Apapun Putusan MK

"Ya seperti pertandingan sepak bola, kalau masuk pertandingan itu kan ada dua pilihan, kemungkinan pulang menang atau pulang tidak menang. Hasil MK ya kita tunggu, kita tunggu saja," kata Anies di rumah dinas Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Jakarta, Sabtu (20/4/2024).

Anies bahkan mengaku, dirinya bersama pasangannya Muhaimin Iskandar, akan hadir ke MK saat pembacaan putusan pada Senin (22/4/2024). "Kami rencana akan hadir," ucap Anies.

Anies lantas juga mengimbau masyarakat yang akan melakukan aksi pada saat pembacaan putusan, untuk tertib dan mematuhi aturan. "Ini negara yang menjunjung tinggi kebebasan berekspresi, karena itu kebebasan berekspresi harus dihormati, itu artinya menghormati sesama yang berekspresi," ujar Anies.

"Jadi bagi siapapun yang merasa ikut bertanggungjawab mau hadir, maka hormati sesama. Ikuti semua aturan, tertib, aman, damai," ujarnya.

Diketahui, Majelis Hakim MK akan membacakan putusan sengketa hasil Pilpres 2024 pada Senin (22/4/2024) pagi. Sidang pembacaan putusan dijadwalkan bakal digelar mulai pukul 09.00 WIB.

MK akan membacakan putusan atas gugatan sebelumnya diajukan oleh kubu 01 Anies-Muhaimin dan kubu 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Mereka tidak terima dengan hasil penghitungan suara Pilpres 2024 yang ditetapkan KPU yang memenangkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.(*)