Breaking News
---

Banjir Terjang Desa Tanjungsari Tasikmalaya, Ratusan Warga Dievakuasi

Ribuan rumah di tiga kampung di Desa Tanjungsari, Kabupaten Tasikmalaya, yaitu Kampung Mekarsari, Hegarsari, dan Bojongsoban, terendam banjir pada Jumat (26/4/2024) dini hari. Akibatnya, ratusan warga harus diungsikan ke kantor desa dan masjid karena muka air semakin tinggi.

Banjir Terjang Desa Tanjungsari Tasikmalaya, Ratusan Warga Dievakuasi

Kepala Desa Tanjungsari, Amas, menyatakan bahwa banjir disebabkan oleh hujan deras yang turun sejak Kamis (25/4/2024) siang hingga pukul 20.00 WIB. Sungai Citanduy dan Sungai Cikidang yang mengapit desa tersebut meluap, membanjiri rumah warga sejak pukul 20.30 WIB.

"Curah hujan terjadi dari siang hingga malam kemarin. Air mulai naik sejak malam kemarin, karena Sungai Citanduy dan Sungai Cikidang meluap," ujar Amas pada Jumat (26/4/2024)

Amas menjelaskan dari 1.500 kepala keluarga yang terdampak banjir, sekitar 900 warga sudah diungsikan. Semua warga, terutama lansia, dievakuasi ke masjid dan kantor Desa Tanjungsari untuk keselamatan mereka.

"Evakuasi dilakukan di tiga kampung, Mekarsari, Hegarsari, dan Bojongsoban. Saat ini baru dua kampung yang dievakuasi ke masjid dan Kantor Desa," tambah Amas. Sementara itu, banjir masih terus terjadi dan debit air semakin meningkat. Ketinggian air mencapai setinggi pinggang orang dewasa atau lebih. Selain merendam rumah, banjir juga menggenangi ratusan hektare sawah.

"Sebanyak 900 orang telah dievakuasi, tetapi ada 1.500 kepala keluarga yang terdampak. Airnya sudah mencapai pinggang orang dewasa atau lebih. Semua rumah sudah terendam," jelas Amas.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan