PSSI segera melayangkan protes kepada AFC atas kepemimpinan wasit di laga Indonesia dan Qatar, Nasrullo Kabirov. Protes ini terkait pertandingan skuad Garuda Muda melawan tim tuan rumah Qatar pada penyisihan Grup A Piala Asia U-23.

Keputusan Wasit Merugikan, PSSI Layangkan Protes Kepada AFC

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memastikan langkah tersebut diambil, karena menilai beberapa keputusan wasit yang dianggap merugikan Indonesia. “Sebagai federasi dan sesuai regulasi, kami akan melayangkan surat protes kepada AFC, untuk beberapa keputusan dalam pertandingan ini,” kata Erick dalam keterang di akun instagram pribadinya, @erckthohir yang dilansir, Selasa (16/4/2024).

Walau kalah dengan keputusan wasit yang merugikan, Erick tetap mengapresiasi kerja keras para pemain. Ia menilai para pemain telah berjuang maksimal

“Terima kasih Garuda Muda sudah bertarung dengan seluruh tenaga dan hati kalian. Jangan pernah berkecil hati,” ujar mantan bos Inter Milan tersebut.

Erick juga memastikan, seluruh Penggawa Garuda akan mendapatkan dukungan penuh, karena perjuangan mereka masih berlanjut. “Ini bukan akhir, fokus untuk memberikan yang terbaik di dua pertandingan fase grup berikutnya,” kata Erick menambahkan.

Erick juga meminta para pemain untuk menjaga fokus mereka, karena masih ada dua laga penyisihan grup yang harus dijakankan. Yaitu melawan Australia dan Jordania.

“Jangan sampai game ini merusak fokus kalian, kita belum selesai masih ada dua game, kita harus fight. Pada prinsipnya ini bukan akhir, kita masih punya dua game, kita harus melawan balik,” ucap Menteri BUMN itu kepada para pemain usai laga.

Indonesia kalah dari Qatar dengan skor 0-2 pada laga perdana penyisihan Grup A Piala Asia U-23. Partai ini juga diwarnai sejumlah kartu kuning dan merah yang dilayangkan Nasrullo Kabirov, wasit asal Tajikistan tersebut.

Tercatat setidaknya Kapten Rizki Ridho hingga Shin Tae-yong mendapatkan kartu kuning. Sedangkan Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta harus diusir keluar dengan dua kartu merah.(*)