Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berharap Pemerintah Daerah (Pemda) bisa mengurai sampah selama arus mudik Lebaran. KLHK mengantisipasi hal itu dengan mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 5 Tahun 2024.


Sejumlah pengendara sepeda motor terjebak kemacetan di jalan Inspeksi Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024). Pada H-5 lebaran 2024 jalan raya Kalimalang mulai dipadati pemudik yang akan menuju Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Lainnya

Dalamsurat itu, nantinya satgas khusus dibentuk untuk mengurai sampah selama arus mudik 2024. “Kami mengimbau dibuat satgas khusus terkait dengan pengelolaan sampah,” ungkap Dirjen PSLB3 KLHK Vivien dalam keterangan, Jumat (5/4/2024).


SelamaLebaran Idulfitri 1445 H, diharapkan para petugas juga bersiap selama 24 jam. Petugas disiapkan di beberapa titik untuk mengurai sampah yang ada selama arus
mudik.

“Kamimeminta pemerintah daerah juga melakukan pengawasan. Kalau boleh jangan libur.Petugas (sampah) harus siap siaga selama perjalanan arus mudik ini,"katanya.

Selamaarus mudik ada beberapa titik menjadi tempat rawan sampah. Untuk itu parapetugas harus siaga agar sampah tidak menumpuk.

“Pemdajangan lepas kontrol. Pengelola res area tol harus diawasi. Jangan segan untukmenegur pemudik yang membuang sampah sembarangan," tegas Vivien.

KementerianKLHK berharap program Mudik Minim Sampah menjadi bagian integral programnasional. Ke depannya gerakan ini diharapkan meningkatkan kesadaran pengurangan sampah. “Kami berharap semua bisa menjaga Indonesia bersih. Target kami di 2025 nanti. Jangan sampai yang telah kami lakukan menjadi sia-sia," tandasnya.(*)