Pembalap Formula 1 dari tim McLaren Lando Norris merebut pole position.  Hal ini ia raih pada kualifikasi balapan Sprint Grand Prix Tiongkok yang digelar di Sirkuit Internasional Shanghai, Jumat(19/4/2024).

Pembalap McLaren asal Inggris, Lando Norris

Norris berhasil menaklukkan kondisi trek basah dan menantang. Ia juga menjadi yang tercepat di depan para pembalap veteran, yakni juara GP Tiongkok 2019 Lewis Hamilton (Mercedes) dan Fernando Alonso (Aston Martin), yang melengkapi podium.

Pada sesi itu Hamilton terpaut tipis 1,261 detik dari kompatriotnya. Sementara Alonso memiliki margin 1,975 detik dari sang pemimpin balapan.

Pemimpin klasemen sementara sekaligus juara bertahan Max Verstappen (Red Bull) terlihat masih cukup kesulitan dengan trek di Shanghai. Ia harus puas berada di posisi keempat pada kualifikasi Sprint GP China dengan selisih waktu 2,088 detik dari Norris.

Diposisi kelima ada Carlos Sainz (Ferrari) dengan selisih kurang lebih 0,2 detik saja dari Verstappen. Sementara Sergio Perez (Red Bull) dan Charles Leclerc (Ferrari) masing-masing berada di posisi keenam dan ketujuh.

Berada di belakangnya adalah rekan satu tim Norris, Oscar Piastri. Duo Kick Sauber Valtteri Bottas serta Zhou Guanyu melengkapi posisi 10 besar pada sesi kualifikasi Sprint GP Tiongkok 2024.

GP Tiongkok kembali masuk ke kalender F1 setelah absen empat tahun, hanya akan diisi dengan satu sesi latihan. Hal ini menyusul format baru dari Sprint, dimana semua pembalap harus mengikuti sesi kualifikasi untuk balapan pendek ini pada hari Sabtu.

Sementara itu, balapan Sprint dan kualifikasi balapan utama, masing-masing akan digelar pada Sabtu (20/4/2024) pukul 10.00 dan 14.00 WIB. Balapan utama GP Tiongkok sendiri bakal digelar pada Minggu (21/4/2024) pukul 14.00 WIB.(*)