Mantan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi turut menyampaikan orasi dalam aksi penyampaian pendapat di Bundaran Patung Kuda Monas Jakarta. Aksi penyampaian pendapat ini menyinggung jelang Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan sengketa Pemilu 2024, Senin (22/4/2024) mendatang.

Mantan Menag Fachrul Razi Turut Berorasi Soal MK

Fachrul berharap kepada sembilan Hakim MK dapat memberikan putusan sengketa Pemilu 2024 berdasarkan hati nurani dan keadilan. Ia menyatakan Indonesia ke depannya membutuhkan pemimpin yang amanah dan dapat bersikap seadil-adilnya untuk semua rakyat.

"Mendorong semangat Hakim Konstitusi agar dapat melaksanakan tugas dengan kesungguhan dan keadilan. Apa yang diputuskan tidak terkait hasil Pemilu juga tentang nasib bangsa Indonesia," ungkap Fachrul saat orasi di Bundaran Patung Kuda, pada Jumat (19/4/2024).

Koordinator aksi, Daeng Wahidin mengatakan aksi penyampaian pendapat ini akan dilakukan dengan cara damai dan menjaga keamanan. Ia berharap MK dapat memutuskan sengketa Pemilu 2024 dengan mempertimbangkan fakta dan bukti lapangan saat persidangan.

"Rakyat Indonesia sedang menghadapi prahara, agar para Hakim MK diberi petunjuk. Berikan kami pemimpin yang amanah agar rakyat Indonesia sejahtera amin ya Alloh," katanya.

Dari pantauan RRI, sejumlah petugas Kepolisian dan Dishub melakukan pengalihan arus lalu lintas untuk mengurai kepadatan kendaraan. Pengalihan arus lalu lintas diprediksi juga mengakibatkan kepadatan kendaraan di sekitaran Monas khususnya jelang jam pulang kantor nanti.(*)