Breaking News
---

Pemkab Karawang Genjot Perbaikan Jalan dan PJU di Sepanjang Jalur Mudik Lebaran

Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, masih melakukan perbaikan jalan dan pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang jalur mudik lebaran.

"Kami masih terus melakukan persiapan dalam menghadapi musim mudik lebaran. Di antaranya dengan melakukan perbaikan infrastruktur jalan dan pemasangan lampu PJU," kata Bupati Karawang Aep Syaepuloh di Karawang, Selasa.

Ia menyebutkan, di antara perbaikan infrastruktur jalan yang telah dan tengah dilakukan ialah di ruas jalan Telagasari - Lemah Abang - Wadas - Cilamaya - Krasak.

Jalur yang telah dan tengah diperbaiki itu merupakan jalur alternatif atau jalur khusus sepeda motor pada musim mudik lebaran.

"Alhamdulillah dari mulai Telagasari, Lemah Abang, Wadas Cilamaya, Krasak, Jatisari, yang merupakan jalur mudik sedang dalam proses pengerjaan atau perbaikan," katanya.

Perbaikan ruas jalan itu dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Karawang.

Bupati menyampaikan, selain melakukan perbaikan ruas jalan pihaknya juga melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, salah satunya Polres Karawang untuk pemberian imbauan di titik-titik rawan kepadatan yang dilintasi oleh pemudik.

"Tentunya selain pengerjaan perbaikan infrastruktur, kami berkoordinasi dengan Polres, yang di mana ada titik-titik kerawanan ini akan terus dipasang imbauan," katanya.

Persiapan menjelang musim mudik yang dilakukan Pemkab Karawang ialah dengan memasang dan memperbaiki lampu penerangan jalan umum.

"Menjelang mudik, Dinas Perhubungan Karawang melakukan pemasangan lampu penerangan jalan umum di setiap titik lokasi yang dianggap gelap," katanya.

Kabar awal, lampu penerangan jalan umum di sepanjang jalur alternatif atau jalur khusus pemudik bersepeda motor di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, kondisinya banyak yang padam karena mengalami kerusakan.

“Menjelang musim mudik seperti sekarang ini, kami masih terus melakukan perbaikan lampu PJU (Penerangan Jalan Umum),“ kata Kabid Prasarana Dinas Perhubungan setempat Dikhy Prayoga.

Ia mengatakan program pemasangan dan perbaikan lampu PJU sebenarnya sudah digulirkan sejak awal tahun lalu. Namun pada Ramadhan ini digencarkan lagi, khususnya di jalur mudik.

Saat ini pihaknya memprioritaskan untuk melakukan perbaikan lampu PJU di sepanjang jalur mudik, yakni di sepanjang jalan Lamaran-Telagasari-Krasak-Cikalong.

Diakuinya, di jalur itu cukup banyak lampu PJU yang padam dan diperkirakan ada lebih dari 100 lampu PJU yang perlu diperbaiki.

Jalur mudik di sepanjang jalan Lamaran-Telagasari-Krasak-Cikalong biasanya digunakan sebagai jalur mudik khusus pemudik sepeda motor.

Jalur tersebut dikhususkan untuk dilintasi pemudik bersepeda motor, untuk menghindari kemacetan di jalan arteri Karawang dan simpang Jomin yang dulu dikenal sebagai titik kemacetan parah.

Dikhy menyampaikan dilihat dari banyaknya lampu PJU yang perlu diperbaiki, maka pihaknya akan fokus melakukan perbaikan di titik-titik rawan kecelakaan dan rawan kejahatan. (*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan