PT Pertamina (Persero) melalui perusahaan subholding PT Pertamina Patra Niaga memastikan seluruh SPBU menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) tanpa kecurangan. Baik dari segi kualitas BBM hingga kuantitas.

Pertamina Pastikan Seluruh SPBU Salurkan BBM Tanpa Kecurangan

"Kami pastikan sekarang di semua SPBU menyalurkan (BBM) tepat kualitas. Tepat kuantitas," kata Sekretaris Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, Senin (1/4/2024). 

Irto mengatakan bahwa tim lapangan Pertamina melakukan pemeriksaan ke SPBU. Guna memastikan kualitasnya sesuai dengan standar Pertamina, berikut dengan takarannya.

"Kami meminta kepada masyarakat untuk tidak khawatir. Terhadap kualitas dan kuantitas dari pelayanan SPBU Pertamina," ujarnya. 

Lebih lanjut Irto juga menyampaikan pesan kepada seluruh mitra kerja Pertamina sebagai lembaga penyalur. Di mana Pertamina tidak akan segan-segan untuk memberi sanksi tegas kepada penyalur apabila melakukan penyelewengan.

"Kami juga tidak sungkan-sungkan untuk menyampaikan kepada aparat penegak hukum. Bila ada tindak pidana yang dilakukan oleh lembaga penyalur kami," ucapnya. 

Sebelumnya Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag menemukan empat SPBU nakal. Ini melakukan kecurangan di meteran dispenser BBM menjelang musim mudik Lebaran 2024.

"Sebetulnya ada empat (SPBU nakal) yang kita temukan. Ada di Karawang, Bekasi, Bandung dan Serang," kata Mendag saat penyegelan tiga dispenser SPBU di rest area KM 42 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu (23/3/2024) lalu. (*)