Timnas U-23 Indonesia berhasil mengalahkan Australia 1-0 pada laga kedua Grup A Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khaliffa, Kamis (18/4/2024) malam. Gol tunggal Komang Teguh memastikan Garuda Muda meraup tiga poin dari pertandingan kali ini.


Indonesia langsung mendapatkan peluang emas melalui Jeam Kelly Sroyer saat laga baru berjalan kurang dari dua menit. Namun, tembakan yang dilepaskan Kelly Sroyer dari dalam kotak penalti masih mengenai pemain belakang Australia dan menghasilkan sepak pojok.



Wasit memberi hadiah penalti kepada Australia pada menit ke-23. Komang Teguh terlihat melakukan handsball saat Mohamed Toure melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti.


Wasit mengecek VAR lebih dahulu dan kemudian Australia pun dipastikan mendapat hadiah penalti. Mohamed Toure maju sebagai algojo gagal mencetak gol setelah tendangannya ditepis oleh Ernando Ari.


Lebih banyak ditekan, Indonesia justru mampu memecah kebuntuan di menit ke-44. Komang Teguh membobol gawang Australia dan mengubah skor menjadi 1-0.


Gol berawal dari sepak pojok yang yang bisa disundul Muhammad Ferarri. Bola diarahkan kepada Nathan yang melepaskan tembakan lalu bola disambut sundulan Komang di mulut gawang.


Tambahan waktu delapan menit diberikan oleh wasit, namun tak ada gol tambahan tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga babak pertama usai.


Dalam keadaan tertinggal, Australia mengambil inisatif serangan pada awal babak kedua. Socceroos mendapat peluang emas pada menit ke-52 lewat tembakan mendatar Mohamed Toure, namun Ernando masih cekatan di bawah mistar gawang Indonesia.


Jeam Kelly Sroyer mendapatkan perawatan setelah terduduk di lapangan. Pemain Persik Kediri itu ditarik keluar dan posisinya digantikan Justin Hubner pada menit ke-72.


Ernando Ari benar-benar membuat para pemain Australia frustasi. Aksinya menggagalkan peluang-peluang emas Socceroos membuat gawang Garuda Muda masih suci hingga menit ke-90.


Wasit memberikan tambahan waktu 11 menit pada pertandingan kali ini. Marselino Ferdinan mendapatkan peluang untuk memperbesar keunggulan jadi 2-0 pada menit ke-90+5', namun sontekkannya bisa diblok pemain belakang Australia.


Skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat Timnas U-23 Indonesia bertengger di posisi kedua klasemen Grup A dengan tiga poin.


Susunan Pemain:


Timnas U-23 Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Komang Teguh; Fajar Fathur Rahman, Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan; Jeam Kelly Sroyer, Rafael Struick, Witan Sulaeman


Australia U-23: Patrick Beach (PG); Alexander Popovic, Jacob Italiano, Jordan Courtney-Perkins, Lucas Mauragis; Keegan Jelacic, Ryan Teague, Jake Hollman, Aadrian Segecic; Nishan Velupillay, Mohamed Toure.