Tim tuan rumah menang 2-0 atas Garuda Muda di Stadion Jassim Bin Hamad, Senin (15/4/2024) malam.

Qatar mendapat pelung emas pertamanya pada menit ke-17 lewat sepakan keras Ahmed Al Rawi. Ernando Ari berhasil mengamankan tendangannya dan mengamankan gawang Indonesia.

Foto : Timnas Indonesia vs Qatar

Indonesia mengancam Qatar lewat serangan balik cepat pada menit ke-38. Kombinasi Marselino dan Ivar Jernner diakhiri oleh sepakan melengkung Rafael Struick.

Keberuntungan belum berpihak kepada Indonesia. Bola hasil tendangan Rafael Struick dari tepi kotak penalti membentur tiang gawang.

Petaka datang kepada Garuda Muda ketika Rizky Ridho melakukan pelenggaran di dalam kotak penalti pada kenit ke-45. Wasit semapt meninjau VAR dan memberikan hadiah penalti kepada tim tuan rumah.

Khaled Ali yang maju menjadi eksekutor mengecoh Ernando Ari dan menjalankan tugasnya dengan baik. Indonesia untuk sementara tertinggal 0-1 atas Qatar di babak pertama.

Di awal babak kedua, Ivar Jenner menelan kartu kuning keduanya usai dianggap melanggar Saif Eldeen Hassan. Gelandang diusir wasit, dan Indonesia harus bermain dengan 10 orang dalam situasi tertinggal 0-1.

Tak lama usai bermain dengan 10 orang, Indonesia akhirnya kebobolan lagi. Kali ini Ahmed Al Rawi yang menjebol gawang Ernando, lewat tendangan bebas langsung, skor 2-0 di menit ke-54.

Tertinggal dan bermain 10 orang, Garuda Muda justru beberapa kali mampu menekan. Peluang didapat Indonesia lewat eksekusi tendangan bebas Arhan yang melambung di menit ke-58. 

Selang dua menit, gantian tendangan bebas pemain pengganti Nathan Tjoe-A-On yang juga melewati mistar gawang Qatar. Lagi, Indonesia mengancam di menit ke-63 lewat tendangan first time Marselino tetapi bisa ditepis Youssef Abdullah

Di masa injury time, Ramadhan Sananta diusir wasit dan Indonesia bermain dengan sembilan orang. Pelanggaran kerasnya ke Mohammed Aiash dicek VAR, dan kartu kuningnya berubah jadi merah.

Tambahan waktu 11 menit yang diberikan wasit tak mampu dimanfaatkan kedua tim untuk mencetak gol. Skor 2-0 untuk kemenangan Qatar menjadi hasil akhir pertandingan ini.

Kekalahan ini membuat Indonesia turun ke posisi empat klasemen Grup A tanpa poin. Sementara Qatar naik ke puncak klasemen dengan tiga poin, unggul dua poin dari Australia dan Yordania yang bermain imbang.

Piala Asia U-23 2024 baru memainkan dua pertandingan dari Grup A. Pertandingan Australia vs Yordania menjadi laga pembuka yang berlangsung Senin (15/4) pada pukul 16.00 waktu setempat atau pukul 20.00 WIB.

Australia dan Yordania bermain tanpa mencetak gol. Kedua negara berbagi angka setelah skor 0-0 bertahan hingga laga bubar.

Sementara pertandingan Qatar vs Indonesia di Piala Asia U-23 2024 berlangsung pada pukul 18.30 waktu setempat atau pukul 22.30 WIB.

Pada pertandingan ini, Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan 0-2. Gol Qatar dilesakkan Khaled Ali pada pengujung babak pertama. 

Penalti yang diberikan wasit Nasrullo Kabirov cukup kontroversial karena sebelumnya wasit asal Tajikistan itu menilai Mahdi Salem yang mengganjal Rizky Ridho, namun setelah melihat VAR justru Ridho yang diputuskan melanggar Salem.

Gol kedua Qatar diciptakan Ahmed Al Rawi pada menit ke-54. Sepakan bebas jarak jauh Al Rawi membobol gawang Ernando Ari.

Dengan dua hasil pertandingan tersebut, Qatar untuk sementara menempati posisi teratas di klasemen Grup A Piala Asia U-23 2024.

Sementara posisi kedua diduduki Australia dan disusul Yordania ditempat ketiga. Timnas Indonesia U-23 menempati posisi juru kunci Grup A lantaran kalah.

Klasemen Piala Asia U-23 2024:

Grup A

1. Qatar 3 poin

2. Australia 1

3. Yordania 1

4. Indonesia 0

Matchday 2 akan berlamgsung pada Kamis 18 April 2024

20.00 WIB Indonesia U-23 vs Australia U-23

22.30 WIB Yordania U-23 vs Qatar U-23

Sedangkan Matchday 3 pada Minggu, 21 April 2024

22.30 WIB Yordania U-23 vs Indonesia U-23

22.30 WIB Qatar U-23 vs Australia U-23 (*)