Paris Saint-Germain (PSG) berhasil menggagalkan perlawan dramatis dari Barcelona di Camp Nou, Rabu (17/4/2024). PSG menang berkat agregat 6-4, dan melangkah ke babak semifinal Liga Champions. 

PSG Gagalkan Barcelona ke Semifinal Liga Champions

Pertandingan ini sudah menyajikan drama sedari awal. Pemain Barcelona Raphinha mencetak gol dari serangan pertama, memperpanjang keunggulan leg pertama, hanya dalam waktu 12 menit.

Namun, PSG tidak menyerah begitu saja, dengan terus memberikan tekanan ke Barcelona. Harapan awal mereka terjadi ketika bek Barcelona Ronald Araujo diusir keluar lapangan, setelah melakukan pelanggaran kepada Bradley Barcola.

Gol pun tercipta melalui tendangan penyerang PSG Ousmane Dembele di menit ke-40. Situasi semakin memanas saat Dembele hampir mencetak gol kedua, sebelum turun minum. 

PSG menunjukkan kegigihan dan menyamakan kedudukan pada menit ke-54, melalui tendangan akurat Vitinha, setelah sepak pojok. Barcelona yang semakin terdesak membuat pelatih Xavi Hernandez diusir dari pinggir lapangan, setelah kehilangan kendali emosional. 

Keadaan semakin buruk bagi tuan rumah, ketika Joao Cancelo melakukan pelanggaran terhadap Dembele di dalam kotak penalti. Hal itu memberikan kesempatan bagi Kylian Mbappe untuk membawa PSG unggul secara agregat.

Barcelona berusaha menekan, namun penampilan gemilang Gianluigi Donnarumma dan pertahanan kokoh PSG mencegah serangan lawan berhasil. Bahkan, tambahan sebuah gol Mbappe di menit-menit akhir memastikan PSG melaju ke babak semifinal.

PSG menang 4-1, mengakhiri harapan Barcelona untuk mencapai babak tersebut untuk pertama kalinya, sejak 2019. PSG pun memperlebar peluang meraih gelar juara Liga Champions.(*)