Dalam mengembangkan bisnis non-pupuknya, PT. Pupuk Kujang Cikampek kini telah resmi menambah lagi deretan gurita bisnis terbarunya dengan membuat pabrik Dry Ice.

Resmikan 'Gurita Bisnis' Teranyarnya, Pabrik _Dry Ice_ Milik Pupuk Kujang Diklaim Bisa Kurangi Emisi Karbon

Terbaru, anak perusahaan dari PT. Pupuk Indonesia (Persero) ini telah resmi memperkenalkan produk non pupuknya itu kepada khalayak publik dalam peresmian pabrik Dry Ice-nya yang dibangun di kawasan industri milik mereka, yakni di Kawasan Industri Kujang Cikampek (KIKC), Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat,pada Rabu (17/4) sore.

Direktur Utama PT. Pupuk Kujang Cikampek, Maryono menerangkan bahwa pembangunan pabrik Dry Ice yang dibangun secara swakelola dan selesai dengan tepat waktu selama 12 bulan pengerjaan ini, diklaimnya sudah tepat budget dan nihil akan kecelakaan kerja. 

"Peresmian pabrik Dry Ice setelah Idul Fitri 1445 Hijriyah / 2024 Masehi ini, mudah-mudahan menjadi awal yang baik dan penuh dengan keberkahan juga," ungkap Maryono saat ditemui wartawan setelah peresmian pabrik tersebut di KIKC, Karawang pada Rabu (17/4) petang.

Lanjut Maryono memaparkan, bahwa pabrik dry ice itu dibangun di lahan seluas 87 meter persegi di area pabrik Co2 cair, kawasan industri miliknya. Sedangkan untuk investasi pabrik Dry Ice ini, ia mengklaim hanya menelan biaya hingga Rp 9,8 miliar. 

"Adapun kemampuan produksi dari pabrik Dry Ice ini mencapai 3 ribu ton per tahun, dan pabrik ini juga diproyeksikan bisa menghasilkan keuntungan hingga mencapai Rp 4-5 miliar per tahunnya," ujarnya. 

Melalui pengembangan bisnis pada komoditas tersebut, kata dia, diketahui memiliki banyak fungsi dan sering dimanfaatkan di bidang industri makanan, rumah sakit atau klinik, industri pembersihan tertentu, bahkan hingga instalasi seni panggung dan pertunjukan. 

"Sehingga dalam memanfaatkan Co2, Pupuk Kujang telah membuat Co2 cair yang juga punya fungsi industri dan bisa di jual. Hal ini cukup menarik dan bisa membantu Pupuk Kujang untuk semakin berkembang dan menambah laba perusahaan juga," jelas Maryono.

Pihaknya juga mengklaim, bahwa pembangunan pabrik dry ice ini juga tak lepas dari kebutuhan komoditas tertentu yang tergantung tinggi di wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Bahkan meski baru dilaunching sore tadi, namun ia menyebut bahwa saat ini pihaknya telah menjual dry ice sebanyak 8 ton untuk sejumlah industri yang membutuhkannya.

"Saat ini sudah full pembeli. Jadi memang untuk kawasan di Jakarta dan Jawa Barat ini adalah pengguna dry ice besar, sehingga produksi non pupuk dari PT Pupuk Kujang ini sudah teroptik semua ke para pembeli kita," terangnya.

Selain aspek pengembangan bisnis dan menambah laba yang sekaligus mengurangi emisi karbon di udara sebanyak 3 ribu ton per tahunnya, Maryono mengungkap bahwa pembangunan pabrik dry ice ini juga punya fungsi lainnya seperti memperkuat aspek green industry Pupuk Kujang. Alasannya, kata dia, pabrik dry ice bisa mencegah emisi karbon lepas ke udara.

"Jadi Dry Ice atau es kering ini merupakan komoditas yang dibuat dari Co2 atau karbondioksida yang dipadatkan, sehingga pabrik ini bisa mencegah 3 ribu ton karbon yang rilis ke udara dalam setahun. Maka dengan memanfaatkan karbon yang terbuang, tentunya Pupuk Kujang juga sudah berkontribusi untuk mencegah efek rumah kaca," ungkap Maryono.

Sebagai perusahaan petrokimia, kata dia, Pupuk Kujang memiliki karbondioksida yang sangat melimpah. Adapun senyawa itu merupakan buangan dari pabrik amoniak (suatu zat kimia yang digunakan sebagai bahan baku pupuk). 

"Jika sebelumnya Co2 terbuang ke udara, dengan teknologi, kita manfaatkan gas buang itu supaya tidak mubazir. Caranya dengan menangkapnya, lalu membuatnya menjadi dry ice yang bernilai ekonomi dan ekologi," kata dia.

Jika sebelumnya pihaknya telah membuat produk non pupuk lainnya seperti amonia, aquos, air demin, hingga pemenuhan kebutuhan industri dan utilitas, kata Maryono menambahkan, maka dengan adanya pabrik dry ice ini menambah daftar produk non pupuk yang dibuat oleh anak perusahaan Pupuk Indonesia, yakni PT Pupuk Kujang Cikampek.
Resmikan 'Gurita Bisnis' Teranyarnya, Pabrik Dry Ice Milik Pupuk Kujang Diklaim Bisa Kurangi Emisi Karbon

"Alhamdulillah melalui pabrik ini, karbondioksida bisa kita recover untuk di manfaaatkan sehingga bisa mengurangi emisi kita. Dan dengan adanya pabrik ini, maka tidak ada bahan yang mubazir, bahkan emisi ini bisa kita manfaatkan menjadi keuntungan," tambahnya.(*)