Breaking News
---

Saat Mudik, Ribuan Kendaraan Kekurangan Saldo E-Toll

Terhitung 16 ribu kendaraan dengan saldo kurang di GT Kalikangkung Tol Batang-Semarang. Di GT Kalikangkung, pengguna jalan membayar tarif tol dari Cikampek menuju Semarang.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan arus balik ke Jabotabek memastikan kecukupan saldo e-toll. Hal ini melihat pada periode arus mudik Lebaran, terdapat 16 ribu kendaraan dengan saldo kurang di GT Kalikangkung.

Saat Mudik, Ribuan Kendaraan Kekurangan Saldo E-Toll

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani menjelaskan, jumlah tersebut merupakan 4% dari 385 ribu kendaraan. Mereka transaksi di GT Kalikangkung dengan saldo e-toll kurang maka dilakukan top-up di GT mengakibatkan penundaan cukup signifikan.

“Dengan adanya waktu penundaan tersebut, kami mencatat rata-rata penurunan kapasitas transaksi tol di GT Kalikangkung 5% perjam. Dalam 1 menit kami melayani lima kendaraan, dengan adanya kurang saldo dan melakukan top-up, 1 menit satu kendaraan," ujarnya.

Faiza mengingatkan besaran tarif tol yang harus disiapkan pengguna jalan dengan perjalanan terus menerus untuk arus balik. Terutama dari arah Surabaya dan Semarang menuju Jakarta yang nantinya akan melakukan transaksi di GT Cikatama Tol Japek .

Dari Semarang menuju Jakarta, untuk kendaraan golongan 1 harus menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp500.000. Sedangkan untuk pengguna jalan dari Surabaya menuju Jakarta, agar menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp1.000.000.

“Kami mengingatkan kembali, khususnya yang melakukan perjalanan di Tol Trans Jawa dengan sistem transaksi tertutup (tarif sesuai jarak). Hanya bisa menggunakan e-toll yang sama saat tap in dan tap out sehingga saat saldo kurang tidak bisa meminjam e-toll.

Faiza mengimbau masyarakat yang masih berada di kampung halaman untuk mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek. "Kami juga mengimbau masyarakat agar melakukan perjalanan kembali ke Jabotabek lebih cepat sebelum waktu puncak arus balik," katanya.

"Manfaatkan potongan tarif tol 20% yang akan diberlakukan mulai Rabu (17/4/2024) pukul 05.00 WIB hingga Jumat (19/4/2024) pukul 05.00 WIB. Untuk tarif Tol Trans Jawa dari Semarang menuju Jakarta, hanya untuk asal GT Kalikangkung," ucapnya.(*)


Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan