Merasa mengantuk dan susah bangun pagi adalah kondisi umum yang dialami banyak orang, terlebih jika tidur terlalu larut.

Polisi Selidiki Penemuan Mayat Pria Dicor di Bandung Barat

Namun, seseorang yang secara rutin mengalami kesulitan bangun di pagi hari, itu bisa menjadi tanda adanya gangguan mental yang perlu mendapat perawatan.

Dilansir dari Verywell Health, berikut sederet masalah kesehatan mental yang membuat Anda susah tidur, antara lain:

1. Depresi

Pengidap depresi dapat mengalami kesulitan bangun pagi dengan disertai keluhan lain, yaitu perasaan sedih, kekosongan atau merasa hampa dan putus asa sepanjang hati, serta perubahan nafsu makan atau pola tidur.

Jika Anda mengalami keluhan di atas, jangan tunda untuk menghubungi psikolog atau psikiater agar segera mendapat perawatan yang sesuai.

2. Kecemasan

Kondisi kesehatan mental seperti kecemasan juga dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk bangun dari tidurnya.

Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 50 persen orang yang mengidap kecemasan mengalami gangguan tidur. Mereka biasanya juga mengalami stres dan sulit mengendalikan emosinya pada siang hari.

Hal itu membuat mereka cenderung susah tidur pada malam hari dan kesulitan juga untuk bangun di keesokan paginya.

3. Gangguan bipolar

Potensi penyakit mental lain yang membuat seseorang susah bangun pagi yaitu gangguan bipolar atau kondisi yang ditandai dengan perubahan suasana hati secara ekstrem.

Episode perubahan suasana hati bisa membuat pengidap gangguan bipolar sulit memejamkan mata di malam hari. Kondisi ini mengakibatkan tidur menjadi tidak berkualitas dan susah bangun pagi.

4. Gangguan afektif musiman

Gangguan afektif musiman adalah bentuk depresi yang terkait dengan perubahan musim. Misalnya saat musim dingin, pengidap kondisi mental ini dapat mengalami kesulitan tidur sepanjang malam dan susah bangun pagi.

5. ADHD

Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD adalah istilah medis untuk gangguan mental yang ditandai dengan perilaku impulsif, hiperaktif, dan susah fokus.

Penderita ADHD cenderung tidur dalam waktu singkat sehingga kesulitan untuk bangun di pagi hari.

6. Gangguan stres pasca trauma (PTSD)

Masalah kesehatan mental berikutnya yaitu gangguan stres pasca trauma (PTSD). Penderita PTSD kerap mengalami mimpi buruk yang mengganggu kemampuannya untuk mendapatkan tidur cukup di malam hari. (*)