Dalam malam yang penuh dengan emosi dan kejutan, Borussia Dortmund berhasil mencapai babak semifinal Liga Champions setelah mengalahkan Atlético Madrid dengan skor 4-2. Laga digelar di Signal Iduna Park, Rabu (17/4/2024) dini hari WIB.

Taklukkan Atlético, Dortmund ke Semifinal Liga Champions

Kemenangan tersebut menandai kali pertama Dortmund mencapai babak semifinal sejak mereka menjadi runner-up di bawah kepemimpinan Jürgen Klopp pada tahun 2013. Ini juga merupakan sebuah prestasi yang tidak terlupakan bagi klub Jerman tersebut.

Pertandingan dimulai dengan tempo yang sangat cepat, di mana kedua tim mendapatkan peluang emas dalam waktu lima menit pertama. Namun, pertahanan yang kuat dari kedua belah pihak membuat peluang-peluang tersebut sia-sia.

Dortmund hampir saja membuka keunggulan ketika Ian Maatsen memberikan umpan kepada Marcel Sabitzer. Tetapi César Azpilicueta muncul untuk menghalangi tembakan tersebut dengan penyelamatan brilian.

Namun, keberuntungan berpihak kepada Dortmund pada menit ke-33 ketika Mats Hummels berhasil memberikan umpan brilian kepada Julian Brandt, mengonversi peluang tersebut menjadi gol. Enam menit kemudian, Dortmund kembali mencetak gol melalui aksi Sabitzer.

Atlético Madrid tidak menyerah begitu saja. Mereka berhasil memperkecil kedudukan hanya empat menit setelah jeda melalui gol bunuh diri Hummels.

Meski demikian, Dortmund tidak gentar. Die Borussen kembali unggul setelah Niclas Füllkrug dan Sabitzer berhasil mencetak gol dalam waktu singkat, memperbesar keunggulan mereka.

Atlético mencoba keras untuk bangkit kembali, penampilan gemilang dari kiper Dortmund dan pertahanan yang solid membuat mereka gagal mencetak gol tambahan. Hasilnya, Dortmund memastikan kemenangan mereka di kandang dan melaju ke babak semifinal dengan agregat skor 5-4.(*)