Logo KIIC Karawang Dicatut Oknum BKK Dalam Rekrutmen Tenaga Kerja

PELITAKARAWANG.COM- Masyarakat Karawang atau di luar Karawang yang tengah mencari pekerjaan perlu waspada.Dikhawatirkan ada unsur penipuan yang akhirnya dapat merugikan.

Seperti gambar yang tersebar dimedia sosial rekrutmen tenagakerja yang dilakukan SMK PN 2 Purworejo Jawa Tengah mencantumkan logo KIIC Karawang. 

Tentu saja hal itu merugikan pihak terkait karena tidak ada izin atau konfirmasi dalam pemasangan logo KIIC Karawang.

Satia Gumilar, mengaku kaget saat melihat group WhatsApp adanya informasi pendaftaran dan tes kerja atasnama BKK SMK PN2 Purworejo dan mencantumkan nomor kontak. Gambar itu terdapat logo RSM Consultant, e-jobs, KIIC dan perusahaan Astra Group Karawang.

"Itu logo kami pengelola kawasan. Gak mungkin perusahaan, apalagi sekelas Astra Group pake logo orang lain. Itu perlu dipertanyakan," kata Humas KIIC Karawang,(22/09/2018)

Logo yang persoalkan

.

Menurut dia, adanya informasi yang diduga hoax itu secara materi tidak ada yang dirugikan dari pihak KIIC. Namun secara nama baik tentunya dirugikan, karena tidak asa kaitan sama perusahaan itu dan rekrutmen tenagakerja.

"Proses pencantuman logo KIIC dalam rekrutmen tenagakerja jelas-jelas ilegal dan tanpa konfirmasi atau izin resmi dari kami (pihak KIIC)," katanya.

Bahkan Satia langsung mengontak nomor telpon yang tercantum dalam gambar rekrutmen itu, ternyata itu nomor kontaknya Kepala BKK. Menurut hasil konfirmasi Satia, BKK itu tidak mengetahui masalah logo dan sebagainya. Yang memasang logo ini  dari RSM Konsultant. BKK hanya menyebar luaskan rekrutmen tenagakerja saja.

"Kami sudah komunikasi dengan kepala BKK 2 (bu Nani) Purworejo untuk menghapus dan menghilangkan logo KIIC dalam proses rekrutmen tenagakerja tersebut. Ibu Nani (kepala bkk) saat saya konfirmasi menyampaikan permohonan maaf. Dan menyatakan tidak tidak tahu menahu masalah pencantuman logo KIIC, karena hal itu langsung dari RSM Konsultan dan e-jobs," jelasnya.

Disinggung apakah pihak KIIC akan melaporkan hal ini kepada pihak Kepolisian, Satia mengaku belum ada mengarah ke pelaporan. Namun ia meminta Kepala BKK meminta maaf.

"Terhitung logo KIIC diketahui sekarang ini (Kamis, 20 September 2018) dan beliau (kepala BKK) secara lisan menyatakan siap dan sanggup untuk minta maaf," tandasnya.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan Disnakertrans Karawang, H Ayi Muhtar mengamini jika informasi itu tidak benar. Pasalnya hal itu tidak ada komunikasi dengan pihak dinas. 

"Setelah di cek itu tidak benar. Tidak jelas," katanya.

Begitu pun pernyataan Kepala Disnakertrans, HA Suroto menyatakan rekrutmen tenagakerja perusahaan di Karawang harus satu atap di Disnakertrans. Jika diluar itu menurutnya pelanggaran."Perusahaan bisa kena sangsi," tegas Suroto.

Posting Komentar