Breaking News
---

Mitos Orang Sunda yang Tidak Boleh Menikah dengan Orang Jawa, Apa Benar?

Pernikahan merupakan suatu hal yang sangat sakral dilakukan, karna pasti akan terjadi satu kali dalam seumur hidup. Namun ternyata dalam dunia pernikahan juga banyak sekali mitosnya.

Salah satu yang paling terkenal yakni larangan orang Sunda menikah dengan orang Jawa. Kenapa bisa begitu?

Menurut mitos, apabila wanita Sunda menikah dengan Pria Jawa, maka pernikahannya tidak akan bertahan lama dan bisa berujung perceraian.

Asal usul larangan ini seperti banyak dikatakan orang adalah karena kekecewaan Orang Sunda terhadap Orang Jawa pada saat Perang Bubat.

Pada saat perang tersebut ternyata Kerajaan Padjajaran merasa dihina dan ditipu oleh Kerajaan Majapahit, dan saat perang itu terjadi banyak orang dari Kerajaan Padjajaran yang mati terbunuh termasuk pemimpin mereka.

Disebut perang bubat dikarenakan perang tersebut terjadi di Pesanggrahan Bubat. Perang tersebut dimenangkan oleh Majapahit dan mengakibatkan tewasnya seluruh armada Kerajaan Sunda.

Sumber rujukan yang menceritakan tentang perang bubat secara lengkap dan terperinci dapat kamu baca di Serat Pararaton, Kidung Sunda dan Kidung Sundayana yang asalnya dari Bali.

Kisah epik perang bubat, sebagian menyebutnya “pembantaian bubat” telah menjadi kisah turun temurun di Pulau Jawa.

Kisah yang memilukan. Irirng-iringan pasukan kecil pengiring calon pengantin Pajajaran, Citra Resmi Dyah Pitloka berakhir tragis.

Terbunuhnya seluruh pasukan dan raja Pajajaran serta Putri pajajaran pun memilih mengakhiri hidupnya daripada diperbudak Hayam Wuruk, Raja Majapahit.

Dengan kujang yang masih dipegang jasad ayahnya, Raja Pajajaran, Dyah Pitaloka mengambil kujang itu, lalu menikamkannya ke dada sang putri cantik Sunda pajajaran.

Akibat peristiwa ini pula, di kalangan kerabat Negeri Sunda diberlakukan peraturan larangan estri ti luaran , yang isinya di antaranya tidak boleh menikah dari luar lingkungan kerabat Sunda, atau sebagian lagi mengatakan tidak boleh menikah dengan pihak Majapahit.

Peraturan ini kemudian ditafsirkan lebih luas sebagai larangan bagi orang Sunda untuk menikahi orang Jawa.

Tapi nih tipstrenners, yang namanya mitos ya pasti tetap mitos tidak dapat dijadikan rujukan pasti.

Foto : Hanya Ilustrasi

Jika memang pernikahan Wanita Sunda dan Pria Jawa akan berakhir singkat, maka penyebab yang lebih masuk akal adalah karena adanya perbedaan sifat dan pola pikir yang dimiliki keduanya.**"

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan