Notification

×

Iklan


Iklan

BMKG : Waspda !!! Potensi Hujan Super Lebat Turun di Jawa Barat

Saturday, February 20, 2021 | 01:16 WIB Last Updated 2021-02-19T18:16:42Z

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan lebat di 17 provinsi, besok, Sabtu, 20 Februari 2021.


Hujan lebat

Dalam tayangan video YouTube kanal InfoBMKG, hujan lebat di antaranya terjadi DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Potensi hujan lebat pun disebutkan diperkirakan terjadi di Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jateng.

Kemudian, Jawa Timur, D.I Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku dan Papua.

Potensi hujan disertai petir juga diproyeksi terjadi di Provinsi Aceh, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat dan Maluku Utara.

Kemudian dari pantauan BMKG disebutkan intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dalam 24 jam terakhir.

BMKG menjelaskan hal ini dikarenakan arah angin yang bertiup dari wilayah utara timur laut Indonesia, menuju ke selatan dan berbelok ke arah timur di sekitar Pulau Jawa.

Ada pula angin yang bertiup dari arah selatan ke barat laut yang berbelok ke arah timur di sekitar Pulau Jawa. Dua arah angin ini lalu membentuk awan yang menyebabkan hujan tinggi.

Khusus di wilayah sekitar DKI Jakarta, hujan dengan intensitas tinggi hingga ekstrem terpantau di sekitar Halim Perdana Kusuma dengan curah hujan 160 milimeter dan Manggarai dengan 132,8 milimeter.

Sementara, wilayah Jabodetabek lainnya mengalami hujan dengan intensitas lebat. Ini berbeda dengan sehari sebelumnya, Kamis 18 Februari 2021, ketika hujan terpantau pada intensitas ringan.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengingatkan cuaca ekstrem masih akan terjadi hingga Sabtu 20 Februari 2021.

Plt Kepala BPBD DKI, Sabdo Kurnianto mengatakan peringatan dini juga telah dikeluarkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Masyarakat diimbau waspada, Pemprov DKI Jakarta juga akan bersiaga dan mempercepat penanganan di lokasi-lokasi yang rawan terdampak genangan maupun banjir," kata Sabdo dalam keterangan tertulis, Jumat 19 Februari 2021.

Sabdo mengatakan hujan deras yang melanda Jakarta sejak Kamis 18 Februari malam merata mengguyur wilayah Ibu Kota.

Berdasarkan hasil pantauan satelit milik LAPAN, prediksi hujan dan angin pada ketinggian 850 mb (1,5 km) masih berlangsung pada Jumat 19 Februari sore.

"Kami mengimbau masyarakat tetap waspada, karena diprediksi cuaca ekstrem juga terjadi hingga esok hari, 20 Februari 2021," ujar Sabdo menambahkan.

Sabdo memastikan Pemprov DKI Jakarta telah mengerahkan personel dengan menggunakan pompa mobile untuk mempercepat penyedotan air di kawasan pemukiman dan jalan raya yang terdampak genangan.

Pemantauan dan pengoperasian Pintu Air juga terus dilakukan untuk memastikan tidak ada hambatan dalam mengalirkan air.***

X
X