Breaking News
---

Batik Air Menonaktifkan Pilot Tertidur saat Penerbangan Kendari-Jakarta

Batik Air menonaktifkan pilot penerbangan ID-6723 untuk sementara. Sebab, pilot diduga tertidur selama 28 menit menerbangkan pesawat dari Kendari, Sulawesi Tenggara menuju Jakarta, pada (25/1/2024) lalu.

Foto ilustrasi

"Pada (26/1/2024), Batik Air mengambil tindakan preventif dengan menonaktifkan sementara pilot penerbangan nomor ID-6723. Rute Kendari ke Jakarta yang bertugas, pada 25 Januari 2024," kata Humas Batik Air Danang Mandala Prihantoro, Sabtu (9/3/2024).

Pilot Batik Air tertidur saat menerbangkan pesawat berdaarkan laporan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)Menurut KNKT, insiden ini adalah 'masalah serius' yang menyebabkan serangkaian kesalahan kesalahan navigasi.

Dalam laporannya, KNKT mengungkap kronologi detik-detik pilot Batik Air yang tertidur selama 28 menit. "Pesawat dengan nomor penerbangan ID6723 ini dioperasikan oleh pilot berusia 32 tahun dan first officer berusia 28 tahun," kata KNKT.

Sekitar pukul 08.37 waktu setempat, saat pesawat mencapai ketinggian jelajah, kedua awak melepas headset. Lalu, pilot bertanya kepada first officer, 'apakah dia boleh tertidur.' First officer menyetujuinya.

First officer langsung mengambil alih sebagai pilot selama 40 menit berikutnya, sebelum rekannya benar-benar terbangun. Ketika sudah bangun, pilot itu bertanya, apakah first officer ingin beristirahat?

Namun, first officer menolak dan memilih melanjutkan tugasnya.(*)


Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan