Breaking News
---

Deretan Negara Tetapkan Awal Ramadan 12 Maret

Arab Saudi, Qatar, dan UEA telah mengonfirmasi bahwa Ramadan akan dimulai pada Senin (113/2024) hari ini. Indonesia, dan beberapa negara lain seperti Oman, Pakistan, Australia, Malaysia, Brunei, dan Iran melaksanakan awal puasa Ramadhan 1445 H pada Selasa (12/3/2024).

Foto : Qatar

Negara tersebut menggunakan metode yang sama dengan Indonesia dalam penentuan awal bulan baru kamariyah yakni hisab dan rukyatul hilal. Dilansir berbagai sumber, berikut beberapa negara yang puasa pada esok hari

Oman

Komite Utama Penampakan Bulan dari Kementerian Wakaf dan Agama (MERA) Oman menyatakan belum melihat penampakan hilal pada Minggu malam. Karena itu, komite tersebut mengumumkan Senin (11/3/2024) menandai berakhirnya Sya'ban 1445 H sementara Selasa (12/3/2024) menandai awal Bulan Suci Ramadan 1445 H. 

Foto: Ucapan Selamat Berpuasa Ramadhan

Singapura 

Otoriats Islam Singapura mengumumkan awal Ramadan akan berlangsung pada Selasa. Hal ini karena perhitungan astronomi yang dilakukan saat Matahari terbenam pada Minggu malam menunjukkan keterlihatan hilal masih terlalu kecil.

Filipina 

Pejabat di wilayah Muslim Filipina, Bangsamoro mengumumkan puasa Ramadan di Filipina akan dimulai pada Selasa. Keputusan ini diambil karena hasil pengamatan menunjukkan hilal tidak terlihat pada Minggu malam di negara tersebut.

Malaysia 

Malaysia mengumumkan Ramadan 2024 akan dimulai pada Selasa. Dikutip dari Roya News, pengumuman ini disampaikan setelah pengamatan menunjukkan hilal belum dapat dilihat pada Minggu malam.

Brunei Darussalam 

Kesultanan Brunei menyatakan Selasa sebagai awal Ramadan 1445 Hijriah di negara itu. Pasalnya, hilal tidak terlihat usai dilakukan pengamatan di berbagai lokasi.

Australia 

Mufti Australia bersama Dewan Imam Federal, Dewan Fatwa Australia, dan Dewan Fatwa dan Arbitrase Syariah, resmi menyatakan bulan Syaban berakhir pada Senin. Sedangkan awal Ramadan jatuh pada Selasa.(*)


Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan