Breaking News
---

Legislator Sebut Program Makan Siang Gratis Bisa Dilaksanakan Sepenuhnya 2025

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, menyebut program makan siang gratis yang merupakan program unggulan pasangan capres-cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, belum memungkinkan dilaksanakan pada anggaran 2024. Program tersebut, katanya, baru bisa dilaksanakan pada tahun anggaran 2025. 

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian

Makanya, ia menilai wajar jika kemudian pemerintah sekarang ini sudah mempersiapkannya dengan melakukan simulasi program tersebut dan mulai menghitung serta memikirkan sumber anggarannya dengan berbagai opsi yang ada. Hal ini dilakukan jika memang dari hasil pemilu, Prabowo-Gibran memerintah, maka program ini bisa berjalan sepenuhnya.

“Tentu syarat utamanya jika memang mau menggunakan dana BOS, ya dananya BOS nya harus ditambah, atau ada dana BOS khusus untuk program itu diluar dana BOS regular. Sehingga nanti ada dana BOS regular, dana BOS afirmasi, dana BOS PAUD, dan dana BOS khusus itu,” katanya , MInggu (3/2/2024).

Hetifah juga mengatakan, Jika program makan siang gratis sudah menjadi program yang dijanjikan oleh Prabowo-Gibran,, maka ini harus dilaksanakan sebagai pemenuhan janji dan dijadikan sebagai program nasional. 

“Tentunya kalau sudah jadi program nasional, maka perlu dipikirkan darimana anggarannya, berapa besaarannya, bagaimana mekanismenya, dan seperti apa target sasarannya. DPR tentu akan membahasnya dengan pemerintah poin-poin tersebut dari program ini,” sambungnya.

Sebelumnya, Pengamat Pendidikan Doni Koesuma menyebut, rencana program makan siang gratis masih bingung anggarannya darimana. Hal ini terlihat dari berubah-ubahnya rencana sumber anggaran program unggulan capres-cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Apalagi sekarang, ada kemungkinan anggaran program tersebut diambil juga dari dana BOS. Saya khawatir jangan-jangan yang melontarkan kemungkinan tersebut tidak paham dana BOS itu seperti apa, besaran dan peruntukannya, serta mekanismenya bagaimana,” katanya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto beberapa hari lalu hadir dalam simulasi makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Banten. Program makan siang gratis merupakan program unggulan dari capres-cawapres 02 Prabowo-Gibran. 

Airlangga mengungkapkan sumber anggaran untuk memenuhi program makan siang sebesar Rp15.000 per anak tersebut sangat memungkinkan berasal dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).  Airlangga mengatakan utamanya untuk anak sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), sumber dana makan siang gratis dapat masuk ke dalam pos BOS. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan