Breaking News
---

Waspada !!! , BMKG Sebut Wilayah Ini Berpotensi Alami Cuaca Buruk

Informasi cuaca hari ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebut bahwa beberapa wilayah di Indonesia alami cuaca buruk.

Cuaca yang disampaikan BMKG hari ini berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang harus diwaspadai dan hati-hati.

Foto : Jalan Tergenang Air Akibat Hujan Gede

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang berada di wilayah ini agar hati-hati terhadap kemungkinan yang terjadi akibat cuaca buruk ini.

Dikutip dari laman BMKG, Kamis, 4 Januari 2021, bahwa BMKG mengimbau kepada masyarakat di wilayah berikut ini agar hati-hati dan waspada terhadap kemungkinan akibat cuaca buruk.

Berikut ini adalah wilayah yang berpotensi alami cuaca buruk, diantaranya:

1. Bali

Waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Badung, Denpasar, Karangasem, Gianyar, Klungkung, Buleleng, Jembrana, dan Bangli.

2. Banten

Waspada potensi hujan sedang yang dapat disertai kilat/ petir dan angin kencang di wilayah Kab. Pandeglang bagian Barat, Kab. Tangerang bagian Selatan dan Kota Tangerang Selatan; Waspada potensi angin kencang di wilayah Kab. Serang bagian Tengah .

3. Bengkulu

wasapada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kab. Bengkulu Utara, Lebong, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur.

4. DKI Jakarta

Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jaksel, Jakut dan Jaktim antara sore dan malam hari.

5. Jawa Barat

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Kab. Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Bekasi, Kota Bekasi, Kab. Sukabumi, Kota Sukabumi, Kab.Cianjur, Kab. Karawang, Kab. Subang, Kab. Indramayu, Kab. Sumedang, Kab. Cirebon, Kota Cirebon, Kab Majalengka, Kab. Garut, Kab. Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis, Kota Banjar, Kab. Pangandaran dan Kab. Kuningan pada siang hingga malam/dini hari.

6. Jawa Timur

Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada: Pagi hari di wilayah Gresik, Bojonegoro, Batu, Kab. Probolinggo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep. Siang-Sore hari di wilayah Sidoarjo, Kab. Mojokerto, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kab. Malang, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan Banyuwangi. Malam hari di wilayah Magetan, Kab. Malang, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo dan Bondowoso.

7. Kalimantan Barat

Waspada potensi hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat. Wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yaitu di sebagian wilayah Kab./Kota : Sanggau, Landak, Ketapang, Pontianak, Kubu Raya, Mempawah, Bengkayang, Sekadau.

8. Kalimantan Selatan

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pagi, siang dan sore hari di wilayah Kota/Kabupaten Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, Tabalong, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

9. Kalimantan Tengah

Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang yang dapat terjadi di hampir seluruh wilayah Kalimantan Tengah.

10. Kalimantan Timur

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir pada pagi dan siang hari di wilayah Muara Pahu, Long Apari, Bongan, Balikpapan Kota, pada malam dan dini hari di wilayah Laham dan Long Bagun.

11. Lampung

Waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada sore dan malam hari di wilayah Tanggamus, Lampung Tengah, Metro, Lampung Utara, Lampung Selatan, Lampung Timur, Pesawaran, Way Kanan, Lampung Barat, Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, dan Bandar Lampung.

12. Nusa Tenggara Barat

Waspadai peningkatan Kecepatan angin di wilayah NTB, serta perlu di waspadai adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat ataupun petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kota Mataram, Kab. Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Dompu, dan Kota Bima pada pagi hingga malam hari.

13. Nusa Tenggara Timur

Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi - siang hari di wilayah P. Flores, P. Timor, P. Alor, Sabu, Rote, Alor, Lembata, Sumba Timur pada malam - dini hari di wilayah Manggarai Barat, Manggarai, Lembata, Alor, Sumba Barat Daya, Sumba Timur, Sabu, Kota Kupang, Kab. Kupang. waspada potensi angin kencang di wilayah NTT waspada potensi banjir

14. Papua Barat

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di Sorong Selatan, Maybrat dan Pegunungan Arfak.

15. Sulawesi Tengah

Berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah kabupaten / kota: Palu, Sigi, Buol, Tolitoli, Poso, Parimo, Morut, Banggai, Morowali, Touna.

16. Sulawesi Tenggara

Berpotensi Hujan Sedang hingga Lebat yang dapat disertai Guntur dan Angin Kencang pada pagi hari di wilayah Wakatobi dan Buton Selatan; serta pada malam hari di wilayah Kendari, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka Utara, Wakatobi, dan Buton Selatan.

17. Sulawesi Utara

Waspada potensi hujan lebat yang disertai dengan petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kotamobagu, Bolmong Selatan, Bolmong, Kepulauan Talaud, Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Sitaro.

18 Sumatera Barat

Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada sore dan malam hari di wilayah Padang Panjang, Tanah Datar, Kab. Solok, dan Solok Selatan

19. Sumatera Selatan

Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada siang - malam hari di wilayah OKI, Banyuasin, Musi Rawas, Empat Lawang, Musi Rawas Utara, Lahat, Muara Enim, OKU Selatan, OKU Timur, Prabumulih dan Musi Banyuasin.***

Sumber : BMKG

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan