Breaking News
---

Bulog Salurkan Beras Bapanas untuk Ribuan Warga Tangerang

Bulog Sub Divre Tangerang menyalurkan beras bantuan pangan periode 2 dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) ke wilayah Kabupaten Tangerang. Jumlah penerima manfaat diwilayah tersebut sebanyak 146.553 kepala keluarga (KK).

Foto beras bulog

"Bulog hanya menyediakan cadangan pangan beras sesuai penunjukan dari Bapanas. Sedangkan transporter atau yang menyalurkan dari PT Pos Indonesia," kata Kepala Bulog Sub Divre Tangerang, Omar Sharif, Selasa (19/9/2023).

Sementara, Kepala Bidang Ketahanan Pangan pada DPKP Kabupaten Tangerang, Abdul Munir mengatakan, pihaknya telah memeriksa kualitas beras bantuan pangan di Gudang Bulog Cikande  Kabupaten Serang. Hal ini dilakukan agar beras bantuan yang akan disalurkan benar-benar layak dikonsumsi. 

"Pemeriksaan mulai dari stok beras, butiran beras, dan juga pengecekan kadar air beras. Dari hasil pemeriksaan kualitasnya cukup bagus dan sesuai standar beras," ujarnya.

Abdul Munir menyebut Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menetapkan mutu beras harus memiliki derajat Sosoh setinggi100 100 persen. Selain itu kadar air maksimal 14 persen, beras kepala minimal 95 persen, dan butir patah maksimal 5 persen.

"Tadi sudah dilakukan pengujian kadar airnya rata-rata 13,5 persen dari standar maksimal 14 persen, begitu juga butirannya dan secara kasat mata beras yang tersedia tidak bau apek, asam dan bau asing lainnya. Maksud bau asing adalah bau yang jauh dari bau beras pada umumnya," kata Abdul Munir.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan