Breaking News
---

Dari Motor dan Pemudik Gratis dari Bekasi dan Jakarta Mulai Diberangkatkan

Sebanyak 335 sepeda motor milik pemudik gratis Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diberangkatkan dari terminal Pulogadung, Jakarta Timur, pada Rabu kemarin,(3/4/2024).

Foto : Program Motor Mudik Gratis

Motor tersebut diberangkatkan menggunakan 12 truk yang telah disediakan. Acara pemberangkatan truk yang membawa ratusan sepeda motor tersebut secara resmi dipimpin oleh Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo. (5/4/23).

“Hari ini kami memberangkatkan 12 truk program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta bagi pemudik yang sudah menitipkan sepeda motornya dengan total 335 unit,” kata Syafrin di Terminal Pulogadung.

Syafrin menuturkan, sepeda motor tersebut akan diantar ke sejumlah kota yang menjadi rute mudik gratis. Sepeda motor yang diantar itu ditargetkan akan tiba di seluruh rute pada Kamis (4/3/2024) besok.

Sementara untuk pemudik gratis, secara serentak baru akan diberangkatkan pada Kamis (4/3/2024) menggunakan bus dan berkumpul di kawasan Monas, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

“Tujuannya enam kota, yaitu ke Semarang, Kebumen, Solo, Yogyakarta, Wonogiri, Malang. Kami harapkan bahwa kendaraan roda dua ini besok sudah tiba di terminal tujuan tingkat kota. Besok akan diberangkatkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta dari Monas untuk menumpang. Jadi total besok akan diberangkatkan 12.160 penumpang ke 19 kota. Kami harapkan terselenggara dengan baik,” katanya.

Untuk arus balik keberangkatan sepeda motor akan dilakukan pada Sabtu (13/4/2024) mendatang. Sedangkan untuk penumpang akan diberangkatkan pada Minggu (14/4/2024).

“Arus balik untuk sepeda motor diberangkatkan dari enam terminal sebagaimana tujuan sebanyak 11 truk, kemudian untuk penumpang akan diberangkatkan dari 19 kota dengan jumlah bus 206 bus,” katanya.

Syafrin mengungkapkan animo masyarakat dinilai sangat tinggi untuk ikut serta dalam program mudik gratis ini. Dirinya menilai hal itu membuat pihaknya dirasa perlu menambahkan jumlah kuota peserta.

“Animo masyarakat tentu sangat tinggi, karena saat kami buka tanggal 20 Maret 2024, dalam jangka waktu dua hari kuota yang disiapkan sudah penuh. Lalu kami berupaya untuk koordinasikan kerjasama dengan stakeholder lain, sehingga ada tambahan bus. Kemudian ini jumlah penumpang yang bisa diberangkatkan dari 10.470 menjadi 12.160 penumpang,” katanya.

Bertempat di halaman kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi di Jalan Pangeran Jayakarta, Harapan Mulya Kecamatan Medansatria, Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad bersama jajaran Dishub melepas keberangkatan 550 peserta mudik gratis ke-3 (tiga) kota di DIY dan Jawa Tengah, yakni Yogyakarta, Solo, dan Semarang, pada Rabu (3/4/2024).

"Keberangkatan mudik hari ini disediakan 10 unit bus. 5 bus untuk tujuan Solo dengan total 275 penumpang, 4 bus untuk tujuan Yogyakarta total 220 penumpang, dan satu bus untuk tujuan Semarang dengan total 55 penumpang," ujar Kadishub Kota Bekasi Zeno Bachtiar.

Keberangkatan mudik gratis tersebut adalah bentuk perhatian Pemerintah Kota Bekasi kepada warganya. Hal itu diungkapkan oleh Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad dalam sambutannya.

"Hal ini adalah wujud perhatian dan bukti nyata hadirnya kami, Pemerintah Kota Bekasi untuk memfasilitasi para warga agar dapat berangkat mudik dengan gratis yang diharapkan mampu membantu mengurangi beban kebutuhan warga jelang lebaran yang selalu meningkat, sehingga dapat lebih meringankan dan semua dapat berkumpul bersama keluarga tercinta di kampung halaman," ujar Gani Muhamad.

Seraya mengucapkan selamat jalan, Gani Muhamad berpesan kepada personil armada bus dan seluruh kru yang bertugas, agar tetap hati-hati di jalan. Ia mengingatkan agar selalu mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan keamanan bersama.

"Kepada seluruh awak penumpang pun agar tetap hati-hati begitupun dalam mengatur dan menjaga barang bawaannya. Semoga semua selamat sampai tujuan, sehingga dapat merayakan Idul Fitri dengan sukacita bersama keluarga," ucap Gani Muhamad.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan