Breaking News
---

Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Senin Pekan Depan

Puncak arus balik mudik Lebaran 2024, diprediksi terjadi pada H+2 hingga H+4 atau Sabtu (13/04/24), hingga Senin, (15/04/24). Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur memperkirakan, puncak arus balik terjadi pada Senin pekan depan.

Foto ilustrasi : Puncak arus mudik 2024 di Tol Cikampek Karawang

Jasa Marga pun menyiapkan sejumlah antisipasi pelayanan arus balik berdasarkan hasil evaluasi pelayanan arus mudik. "Mulai pelayanan lalu lintas, transaksi, preservasi, rest area, juga meningkatkan pelayanan berbasis teknologi," katanya saat memaparkan kesiapan arus balik, Kamis (11/4/2024). 

Subakti menambahkan, pihaknya akan berkolaborasi untuk mewujudkan perjalanan arus balik yang lancar, aman, dan nyaman. Kolaborasi dilakukan dengan Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN, dan Badan Usaha Tol.

Hadir pada kesempatan itu Menko PMK Muhadjir Effendy, Menhub Budi Karya Sumadi, dan Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan. Muhadjir menilai, penanganan arus mudik Hari Raya Idulfitri berjalan lancar dan cukup baik. 

Namun, katanya, tetap diperlukan perbaikan dari berbagai sisi. "Terutama dalam pelayanan lalu lintas kepada pengguna jalan," ujarnya. 

Menhub Budi menambahkan, persiapan arus balik harus dilakukan dengan cermat. "Karena waktu untuk arus balik relatif lebih pendek dibandingkan dengan arus mudik," ucap Budi. 

Irjen Aan menjelaskan, secara keseluruhan, kapasitas jalan mengalami overload dengan V/C Ratio melebihi 0,8. Karena itu, perlu upaya penambahan kapasitas jalan, salah satunya dilakukan dengan contraflow.

“Dari prediksi Jasa Marga, V/C Ratio yang akan terjadi di KM 66 Tol Japek  merupakan titik pertemuan lalu lintas. Yaitu dari arah Trans Jawa dan Bandung  kearah Jakarta, akan mencapai 1,16 pada puncak arus balik," katanya. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan